Orang-orang dengan Penyakit Gigantisme di Dunia

Orang-orang dengan Penyakit Gigantisme di Dunia. Apa itu gigantisme? Pada dasarnya istilah ini diberikan kepada orang yang memiliki kelebihan atau kelainan pertumbuhan. Dalam hal ini tinggi dan ukuran badan orang tersebut melebihi ukuran normal. Beberapa orang terkenal pun memiliki kelainan ini.

Gigantisme adalah kondisi seseorang yang kelebihan pertumbuhan, dengan tinggi dan besar yang di atas normal. Gigantisme disebabkan oleh kelebihan jumlah hormon pertumbuhan. Karena tidak biasanya tinggi orang yang mengalami gigantisme, tidak banian pula orang di dunia ini yang memiliki penyakit ini. Orang-orang yang memiliiki tinge yang mencapai 2,25 – 2,40 meter antara lain:

 Robert Wadlow (272cm)

Pria asal Amerika Serikat (AS) ini tercatat sebagai manusia tertinggi di dunia yang tercatat di buku Guinness World Records. Tingginya mencapai 272 centimeter. Ia lahir pada tahun 1918, dan meninggal dunia pada 1940.

John F. Carroll (264cm)

Pria bertubuh raksasa selanjutnya datang dari New York, John F. Carroll yang memiliki tinggi 2.64 meter. Tinggi John terus tumbuh dan nggak berhenti sampai pada kematiannya di usia 37 tahun. Bahkan, tinggi john pernah tumbuh sebanyak 17 cm dalam watu sebulan aja.

Sultan Kosen (251cm)

Sultan Kosen adalah seorang petani asal Turki yang tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia dengan tinggi tubuh mencapai 2,51m.

Bernard Coyne (249cm)

Bernard A. Coyne memiliki tinggi 2.49 meter. Ia juga merupakan salah satu penderita penyakit gigantisme, atau yang biasa disebut sebagai sindrom kaki panjang. Ia pun meninggal di usia yang juga muda, 23 tahun karena pengerasan hati.

 

Suparwono (242cm)

Tidak hanya di luar negeri saja, di Indonesia juga ada pria yang memiliki tinggi di atas rata-rata, yaitu Suparwono. Pria asal Tulang Bawang, Lampung ini lahir pada tahun 1985 dan tercatat sebagai manusia tertinggi di Indonesia yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Desember 2009 silam yang wafat pada Kamis, 23 Februari 2012.

 

Yao Ming (229cm)

Salah satu orang yang dikenal memiliki gigantisme ialah pebasket China yang berjaya di liga basket Amerika Serikat NBA, Yao Ming. Yao Ming menjadi segelintir pebasket asal China yang mampu beradaptasi di klub basket NBA. Berbeda dengan postur tubuh orang asia yang mungil, Yao Ming justru memiliki tinggi badan 2,29 meter dan tercatat sebagai salah satu pemain tertinggi Houston Rockets.