Organ Apa Saja yang Bisa Didonor?

Organ Apa Saja yang Bisa Didonor? Pernah terpikirkan kamu mau memberikan manfaat dengan tubuhmu? Kamu bisa mendonor/menyumbangkan organ untuk orang yang membutuhkan tidak hanya ketika kamu sudah meninggal loh, tapi juga saat masih hidup.

Pada awalnya, ilmu kedokteran hanya memungkinkan untuk melakukan transplantasi atau cangkok dari organ pendonor yang sudah meninggal dunia (mati batang otak). Tapi dengan meningkatnya kebutuhan untuk transplantasi organ dan berkembangnya teknologi kedokteran, donor hidup pun meningkat sebagai alternatif untuk donor kadaver (jenazah).

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, dari satu tubuh manusia dapat menyediakan 50 kesempatan untuk proses transplantasi atau pencangkokan organ. Berikut ini beberapa oragan yang bisa kamu donorkan:

1. Kornea

Hampir semua orang bisa menyumbangkan kornea mata jika tidak terancam dengan penyakit menular. Donor ini bertujuan mengembalikan penglihatan mata kepada mereka yang menderita kebutaan kornea. Namun, donor ini hanya bisa dilakukan untuk orang yang meninggal. Dan proses transplantasi sendiri harus dilakukan dalam waktu 24 jam.

2. Ginjal

Kamu mungkin cukup sering mendengar berita donor ginjal dari orang yang masih hidup? Donor ini bisa dilakukan baik ketika masih hidup maupun sudah meninggal. Biasanya penerima donor ginjal merupakan pasien yang mengalami gagal ginjal. Ginjal yang diberikan oleh pendonor yang masih hidup akan membuat penerima donor menyingkirkan dialisis selama sisa hidup mereka. Sedangkan untuk pemberi donor, ukuran sisa ginjal akan membesar dan bekerja untuk ginjal yang hilang.

3. Jantung

Donor jantung dilakukan bagi seseorang yang telah meninggal. Penerima donor biasanya pasien yang menderita gagal jantung atau orang yang lahir dengan jantung yang cacat. Begitu orang yang akan mendonorkan jantung dinyatakan meninggal, transplantasi harus segera dilakukan.

4. Paru-paru, pankreas dan bagian dari usus

Donor yang dilakukan ketika masih hidup juga mungkin dilakukan untuk donor paru-paru atau bagian dari paru-paru, bagian dari pankreas dan bagian dari usus. Meskipun organ-organ ini tidak beregenerasi, baik porsi organ yang disumbangkan dan bagian yang tersisa pada donor sepenuhnya dapat berfungsi.

5. Jaringan

Jaringan yang bisa disumbangkan oleh orang yang masih hidup ialah amnion, kulit, tulang, darah, sumsum darah, sel induk darah, dan tali pusat.

6. Kulit

Transplantasi kulit atau yang disebut cangkok kulit biasanya dilakukan untuk mengobati luka bakar dan kehilangan kulit akibat infeksi. Namun, donor ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah meninggal. Siapa pun dapat menyumbangkan kulitnya tanpa memandang usia atau warnanya, tapi bukan orang yang menderita penyakit menular atau AIDS. Kulit harus disumbangkan dalam waktu 6 jam setelah kematian dan hanya seperenam bagian atas dari kulit yang bisa digunakan.

Lalu, bagaimana dengan organ orang-orang yang mengalami kecelakaan? Selama bisa dipakai dan tidak rusak, masih bisa digunakan. Namun jika sudah rusak, tidak akan bisa dilakukan pencakokan.