Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Berbentuk Panda

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Berbentuk Panda. Apa yang biasa terlintas di pikiranmu kalau mendengar tentang pembangkit listrik? Pasti tidak akan jauh-jauh dari pembangkit listrik tenaga air dan bentuknya pun ya biasa saja bukan? Namun negeri tirai bambu mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang unik. Tampilan panel-panel surya di fasilitas seluas 248 hektar ini jika digabung, desainnya menyerupai Panda, salah satu binatang khas di China.

Pembangit listrik ini dibangun oleh salah satu operator energi terbarukan paling besar di China yaitu China Merchants New Energy Group (CMNEG), didukung pula oleh United Nation Development Programme (UNDP). PLTS ini berada di lahan seluas 100 hektare dan dinamakan Panda Power Plant karena memang kumpulan panel surya kalau dilihat dari atas akan membentuk ilustrasi Panda.

Pada fase pertama, pembangkit surya panda raksasa telah terhubung dengan jaringan listrik pada 30 Juni lalu. Panel surya itu menyediakan setidaknya energi terbarukan sebesar 50 megawatt di wilayah barat laut China. Proyek Panda Power Plant kedua dijadwalkan selesai dan mulai disalurkan pada akhir 2017 dengan total luas hamparannya panel-panelnya mencapai 248 hektare.

PLTS ini diyakini mampu menghasilkan 3,2 miliar kilowatt per jam energi surya dalam 25 tahun. Pembangkit skala masif itu untuk menggantikan jutaan ton batu bara yang biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik, dan dengan itu dapat mengurangi emisi karbon sebesar 2,74 juta ton.

Seperti diketahui, China memiliki sejumlah tambang batu baru skala besar dan telah menyebabkan kerusakan lingkungan, termasuk jatuhnya banyak korban jiwa akibat ledakan di area tambang.

Proyek ini juga merekrut banyak anak muda dari seluruh China untuk berpartisipasi dalam perkemahan di sekitar pusat pembangkit listrik. Mereka akan diberikan materi mengenai pentingnya energi hijau atau terbarukan. Hal ini memang bertujuan untuk memberikan kesadaran pada generasi muda tentang pentingnya menggunakan energi ramah lingkungan. UNDP berharap bisa membangun lebih banyak hamparan tenaga surya berbentuk panda di seluruh China dalam lima tahun ke depan.