Penyakit-Penyakit Ini Ada Loh di Dunia!

Penyakit-Penyakit Ini Ada Loh di Dunia! Penyakit-Penyakit Ini Ada Loh di Dunia! Sakit kepala? Batuk? Pilek? Demam? Tipes? Atau Kanker yang terparah? Semua itu adalah nama-nama penyakit yang tidak asing kamu dengar kan pasti? Namun, faktanya ada beberapa jenis penyakit yang mungkin

1. Cold Allergy

Sesuai dengan namanya, penyakit ini menyebabkan seseorang mengalami alergi pada cuaca dingin. Jika seseorang terserang penyakit ini, maka mereka pun tidak akan kuat jika tubuh mereka langsung bersentuhan dengan air dan udara dingin. Penyakit ini bisa memicu reaksi histamin, seperti alergi terhadap lebah atau kacang.

Hal ini juga menyebabkan gatal-gatal dan pembengkakan di area yang mengalami gatal-gatal. Mereka yang memiliki kondisi yang lebih parah bisa mengalami pembengkakan ekstrem pada tenggorokan dan lidah yang bisa berakibat fatal.

2. Trimethylaminuria

Penyakit ini menyebabkan penderitanya berbau seperti ikan. Mulai dari bau keringat, urin hingga bau nafas pun sangat menyengat seperti bau ikan. Penyakit Trimethylaminuria adalah penyakit yang disebabkan oleh gen yang bernama FMO3.

Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kelebihan protein saat diet atau peningkatan jumlah bakteri pada saluran cerna. Karena salah satu penyebabnya adalah gen, jangan heran bila penyakit ini bisa diturunkan dari orang tua ke anak-anaknya.

3. Alien Hand Syndrom

Alien Hand Syndrom (AHS) memang penyakit langka yang sangat jarang ditemui. Jika seseorang terserang sindrom ini, maka tangan mereka akan bergerak dengan sendirinya di luar kendali tanpa diperintah oleh otak.

Sindrom tangan alien terjadi karena stroke yang terjadi pada otak kanan, sehingga mengakibatkan penderitanya tidak dapat mengendalikan tangannya sendiri. Selain itu, gangguan ini juga dikaitkan dengan adanya kelainan psikologis.

4. Progreria

Penyakit ini seringkali disebut sebagai penyakit penuaan dini pada anak-anak. Karena, tampilan anak-anak akan terlihat jauh lebih tua dari usia normalnya. Menurut ahli, penyakit Progreria ini terjadi karena kesalahan pada kromosom 1, tepatnya kelainan protein (Lamin A) di sekitar inti sel. Karena sangat langka, penyakit Progreria memang jarang ditemui di masyarakat.

Gejala penyakit Progreria dapat dideteksi sejak beberapa bulan setelah anak dilahirkan. Gejala yang timbul antara lain adalah berat badan menurun drastis, rambut rontok, dan sendi-sendi yang kaku.

5. Xeroderma Pigmentosum / Vampire Syndrome

Manusia membutuhkan sinar matahari untuk mensistesis vitamin D, tapi terlalu banyak paparan sinar ultraviolet juga dapat merusak kulit. Sekitar satu dari satu juta orang terkena xeroderma pigmentosum dan sangat sensitif terhadap sinar UV. Mereka yang menderita penyakit ini harus benar-benar terlindung dari sinar matahari atau kulitnya akan mengalami sunburn yang ekstrem dan bisa merusak kulit.

Jika seseorang dengan kondisi ini tidak berhati-hati, kanker kulit bisa dengan mudah berkembang di tubuh mereka. Xeroderma pigmentosum disebabkan oleh mutasi resesif langka dari enzim perbaikan eksisi nukleotida. Meskipun ada beberapa perawatan yang tersedia, namun pencegahan terbaik hanyalah berdiam diri di rumah agar tidak terkena sinar matahari, seperti vampir.

6. Hypertrichosis / Werewolf Syndrome

Penderita hipertrikosis memiliki pertumbuhan rambut abnormal yang menutupi tubuh mereka. Wajah mereka akan ditutupi rambut panjang yang akhirnya disebut dengan “Werewolf syndrome”. Hipertrikosis dapat disebabkan dari faktor gen bawaan atau gen yang berasal dari luar.

Mereka yang lahir dengan kondisi ini dapat menderita gangguan akibat salah satu dari beberapa mutasi genetik. Dan beberapa orang yang baru mengalami kondisi ini beranggapan bahwa ini adalah efek samping dari pengobatan anti-botak. Pilihan pengobatan termasuk metode tradisional hair removal seperti waxing dan bahkan perawatan laser biasanya tidak memberikan hasil yang tahan lama.

7. Osteogenesis Imperfecta

Osteogenesis Imperfecta (IO) adalah kelainan genetik langka seperti osteoporosis remaja yang ditandai dengan tulang yang mudah patah. Dan sampai saat ini penyebab dari penyakit ini masih belum diketahui.

Biasanya di awal-awal kehidupan anak akan tumbuh normal, namun seiring berjalannya waktu penyakit ini akan muncul saat anak sudah beranjak cukup besar. Seorang anak yang mengalami kelainan ini, sedikitnya 10 kali atau beratus-ratus kali mengalami patah tulang dalam seumur hidupnya.

8. Pica

 

Penyakit ini merupakan sebutan untuk orang-orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi benda-benda yang tidak lazim untuk dikonsumsi seperti lem, kayu, batu, tanah dan beberapa benda lainnya. Penyakit langka ini dikenal dengan nama Pica dan tidak ada yang tahu apa penyebab dan cara menyembuhkannya. Beberapa kalangan dokter meyakini penyakit ini disebabkan karena kebiasaan yang dilakukan saat masih kecil jadi bila ada anak kecil yang pernah memakan tanah lalu ini menjadi kebiasaan maka besar kemungkinan kebiasaan makan tanah tersebut akan tetap berlangsung sampai mereka dewasa.

9. Stendhal Syndrome

 

Seseorang yang mengidap sindrom yang satu ini mengalami kelainan yaitu tidak bisa berada dekat dengan suatu karya seni. Terdengar janggal memang tetapi memang ada beberapa orang yang mengidap sindrom ini. Jika mereka berada dekat dengan karya seni misalnya saja lukisan otomatis jantung mereka bakal berdetak dengan sangat cepat yang membuat penderita stendhal syndrome merasa pusing bahkan bisa sampai membuat mereka jatuh pingsan. Belum diketahui secara pasti apa penyebab utama dari penyakit yang bisa dibilang sangat aneh ini.

10. Capgras Delusion

 

Sesuai dengan namanya penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang mental seseorang. Penderita capgras delusion akan mengalami semacam ilusi yang cukup aneh misalnya mereka merasa seolah-olah melihat sosok aneh yang mengerikan ketika melihat orang-orang disekitar mereka. Penyakit ini memang cukup menyiksa karena bisa menganggu kondisi psikis dari penderitanya dan tidak jarang juga mereka harus mengkonsumsi obat penenang untuk mengatasi ilusi yang mereka alami setiap saat.