Perayaan Unik Tahun Baru di Dunia

Perayaan Unik Tahun Baru di Dunia. Sudah berjalan satu minggu lebih dari tahun baru 2018. Namun perayaan pergantian tahun ini selalu identik dengan banyak hal seperti hal di Indonesia dengan pesta kembang api. Namun, tahukan kamu kalau di dunia memiliki perayaan pergantian tahun yang unik.

 1. Amerika

Di negara yang terkenal bebas ini, ciuman menjadi hal biasa dan lumrah. Tidak heran ketika menjelang pergantian tahun, berciuman dengan orang tercinta atau siapapun jika tidak memilikinya sudah menjadi tradisi. Hal ini untuk membuat tahun yang akan datang adalah tahun yang indah, membersihkan kenangan buruk dan memulai tahun penuh cinta.

2. Denmark

Jangan kaget jika ke Denmark pada pergantian malam tahun baru, akan ramai dengan lemparan piring dan perabotan pecah belah. Masyarakat Denmark memiliki tradisi melempar perabot pecah belah ke pintu rumah keluarga dan teman. Keluarga yang memiliki tumpukan sampah perabot pecah belah paling tinggi dinilai sebagai yang paling beruntung. Hal itu dianggap karena memiliki banyak keluarga dan teman dekat untuk mendukung di tahun mendatang.

3. Ekuador

Di Ekuador, masyarakatnya akan ramai-ramai membakar orang-orangan sawah di tengah malam. Mereka juga akan membakar foto dari tahun sebelumnya sebagai pertanda membuang kesialan di tahun sebelum dan mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

4. Jepang

Orang Jepang memiliki tradisi berkunjung ke kuil saat pergantian tahun baru, kemudian ramai-ramai mendengarkan lonceng kuil yang dibunyikan sebanyak 108 kali. Hal ini dipercaya mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan di tahun baru. Pagi hari, di hari pertama tahun baru keluarga akan berkumpul bersama untuk menyantap mi soba sebagai lambang keberuntungan.

5. Chili

Di Talca, Chili, ada tradisi aneh nan unik dimana mereka merayakan tahun baru di pemakaman. Tradisi ini mungkin merupakan salah satu perayaan tahun baru teraneh. Jika di beberapa negara mengunjungi pemakaman dilakukan di malam Halloween atau di malam natal pada Finlandia, maka di Chili tradisi ini dilakukan di malam tahun baru.

Para keluarga akan merayakan tahun baru bersama dengan anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Mereka akan mendekorasi makam dengan berbagai hal seperti lilin dan para anggota keluarga akan bersosialisasi mengelilingi makam tersebut.

Masyarakat Chili percaya bahwa orang tercinta dari setiap keluarga akan menunggu mereka di pemakaman dan memulai tahun baru bersama mereka. Dimulai sejak tahun 1995 oleh seorang keluarga yang melompati pagar pemakaman di tahun baru dan hingga sekarang, tradisi ini diikuti oleh lebih dari 5.000 orang, tepatnya di Talca, kota kecil di Chili.

6. Kolombia

Tradisi unik di Kolombia dimana orang-orang Kolombia saat Tahun Baru akan berlari mengelilingi blok dengan koper kosong. Sama seperti kebanyakan negara lainnya, Kolombia juga memiliki banyak tradisi tahun baru yang berbeda-beda. Di antara tradisi-tradisi itu, ada satu tradisi aneh yang dikenal dengan “maleta vacía” yakni orang-orang Kolombia akan membawa koper kosong dan berlari mengelilingi blok perkotaan, hal ini untuk membuat tahun yang akan datang penuh dengan perjalanan.

7. Spanyol

Di Spanyol perayaan tahun barunya dikenal dengan istilah “Las doce uvas de la buena suerte” yang berarti 12 anggur keberuntungan. 12 detik sebelum tepat jam 12 malam, para orang Spanyol akan memakan 1 buah anggur untuk setiap dentang waktu yang berbunyi. Ini mewakili keberuntungan pada setiap bulan di tahun yang akan datang.

8. Rusia

Masyarakat Rusia punya kebiasaan unik untuk menulis harapannya di selembar kertas kecil, kemudian membakar, dan menaruhnya di gelas, lalu diminum bersama minuman beralkohol. Semua harus dilakukan sebelum pukul 00.01 tengah malam.

9. Indonesia

Lain di negara lain, lain pula di Indonesia. Berkumpul bersama keluarga rasanya kurang lengkap jika tidak memasak bersama. Uniknya tradisi memasak atau “bakar-bakaran” di Indonesia menjadi salah satu hal identik yang bisa ditemui ketika tahun baru. Nantinya akan disertai dengan bermain kembang api atau petasan.

Kalau kamu sendiri, apa yang kamu lakukan di pergantian tahun baru kemarin?