Perempuan Juga Boleh Wamil di Korsel

Perempuan Juga Boleh Wamil di Korsel. Wajib Militer atau yang biasa disingkat menjadi Wamil ini erat kaitannya dengan Korea Selatan. Program yang bertujuan untuk mendisiplinkan dan tetap menumbuhkan rasa menjaga dan cinta tanah air ini menjadi hal yang menarik di Negeri Gingseng ini. Meskipun bukan hanya Korsel yang menjalankan program wamil di negaranya, namun kali ini yang akan dibahas ialah fakta-fakta terkait wamil di Korea Selatan.

1. Wajib militer mulai diberlakukan sejak tahun 1948, bertepatan dengan didirikannya Republik Korea dan angkatan bersenjatanya pada tahun yang sama.

2. Wajib militer masih diberlakukan di Korsel, karena secara teknis Korea Selatan dan Korea Utara hubungannya tidaklah baik. Tidak ada yang bisa menjamin apakah akan ada perang lagi atau tidak antar dua negara tersebut. Setelah Korean War tahun 1950-1953, Korsel dan Korut selalu melakukan gencatan senjata, dan faktanya kedua negara tersebut tidak pernah menandatangani perjanjian damai.

3. Laki-laki yang ikut wajib militer berusia kurang lebih 20 hingga 30 tahun. Wamil diwajibkan sejak umur 20 tahun, tapi perempuan juga bisa.Perempuan yang mau wajib militer bisa mendaftar langsung buat jadi perwira non-komisioner, atau gabung dengan Reserve Officers’ Training Corps (ROTC) kalau mau jadi perwira komisioner.

4. Lamanya wamil kurang lebih 2,3 hingga 2,5 tahun.

5. Banyak kasus yang terjadi sama seleb-seleb Korea, mereka sering banget menunda wamil. Walaupun surat wamil diterima waktu mereka berumur 20 tahun, tapi mereka tetap akan dikasih kesempatan buat menundanya menurut peraturan Military Manpower Association (MMA). Alasannya bisa karena sakit, kematian anggota keluarga, kelulusan sekolah/perkuliahan, adik/kakak yang masih wamil, bisnis, punya anak, dan masih banyak lagi.

6. Batas penundaan wajib militer ini bisa dilakukan hanya sampai umur 29 tahun. Di usia ke 30 mereka wajib wamil.

7. Orang yang mengalami cacat dan cidera fisik tidak diwajibkan mengikuti wamil.

8. Selain orang cacat, ilmuan juga diperbolehkan untuk tidak mengikuti wamil.

9. Seorang tulang punggung keluarga dan sudah menikah juga diperbolehkan tidak mengikuti program ini guys.

10. Cara lain untuk menghindari wamil adalah melepaskan kewarganegaraannya.

Syaratnya ialah orang-orang yang lahir dan besar di luar negeri. Mereka yang tinggal di luar negeri dan tetap mempertahankan kewarganegaraanya harus tetap pulang dan menjalani wamil.

Namun jika sudah melepaskan kewarganegaraan Korea, hampir tidak mungkin mendapatkan kewarganegaraanya kembali jika ingin kembali ke Korea.

Selain itu, bagi artis yang ingin berkarya ke Korsel juga akan sedikit kesulitan karena mereka harus siap menerima tekanan kultural.

11. Wamil diwajibkan untuk semua kalangan tanpa terkecuali, termasuk anak pejabat atau seleb top dunia sekalipun.

12. Beberapa skandal pernah terjadi melibatkan seleb-seleb dan anak-anak orang kaya. Di tahun 2002, idol K-Pop Steve Yoo (Yoo Seung Joon) dilarang menginjakkan kaki di Korea Selatan setelah menghindari wamil dengan cara jadi warga negara Amerika. Mulai September, MMA semakin memperketat aturan dan pemeriksaan status militer untuk para anak-anak pejabat pemerintah, selebritis, sampai atlet.

13. Bagi siapa saja yang mencoba menghindar untuk tidak ikut wajib militer tentu akan ada konsekuennya. Menurut hukum di Korea, jika ada warga Korea yang sengaja tidak menjalani wamil, akan mendapat hukuman penjara kurang lebih tiga tahun lamanya.

14. Orang-orang yang menjalankan wamil ini akan mendapatkan gaji setiap bulannya. Walaupun mungkin tidak seberapa untuk para bintang. Buat prajurit, gajinya sebesar 135 dolar/bulan atau sekitar 1,8 juta rupiah, prajurit kelas I sebesar 145 dolar/bulan atau sekitar 1,9 juta rupiah, kopral sebesar 160 dolar/bulan atau 2,1 juta rupiah, sementara pangkat sersan sebesar 180 dolar/bulan atau 2,4 juta rupiah.

15. Banyak seleb yang berusaha jadi hyun-yeok (active duty) untuk menghindari kontroversi. Walaupun namanya wajib militer, nggak semua bisa masuk ke angkatan bersenjata dan bertugas aktif sebagai tentara. “Hyun-heok” atau tugas aktif ini adalah para personil yang bertugas di angkatan darat, laut, udara, dan korps marinir.

Biasanya para seleb berusaha buat jadi “hyun-heok” demi mengindari kontroversi. Soalnya, seleb-seleb sering dapet tugas yang “lebih gampang” dari cowok-cowok biasa. Contohnya Changmin TVXQ serta Donghae dan Choi Siwon Super Junior yang bertugas di unit promosi kepolisian Seoul. Mereka masuk ke dalam band beranggotakan 20 anggota yang tugasnya memainkan drama dan ngadain pertunjukan musik.

16. Kalau tidak lulus tes fisik atau punya kondisi medis yang tidak memungkinkan buat ngejalanin tugas aktif, mereka akan dibebaskan dari bergabung dengan angkatan bersenjata. Tapi bukan berarti bebas dari wamil. Mereka akan bertugas di “gong-ik” (pelayanan publik). Contohnya kayak Yoo Ah In dan Seo In Guk, serta Lee Min Ho yang pernah mengalami kecelakaan mobil serius. Mereka diberi tugas sebagai pelayan publik di kantor distrik Gangnam di Seoul.