Sayuran yang Hanya ada di Indonesia

Sayuran yang Hanya ada di Indonesia. Indoneisia terkenal akan kekayaan alamnya, salah satunya ialah sayur-mayur yang ada di Indonesia. Negara kita memiliki sayuran yang tidak akan ditemui di negara lain, atau dengan kata lain memang vegetasi asal sayuran ini ada di Indonesia saja. Beberapa sayuran tersebut ialah:

Kecipir

Tanaman ini hanya banyak di temui dibeberapa pasar tradisional saja. Namun, semakin ke sini pertumbuhan kecipir semakin berkurang sehingga menyebabkan sayuran yang satu ini menjadi sulit di jumpai di pasaran. Kecipir banyak tumbuh di daerah Papua karena faktor alam di Papua yang menyebabkan tanaman ini lebih mudah tumbuh dibandingan dengan daerah lainnya.

Rebung

Jika selama ini kamu hanya mengenal bambu sebagai bahan untuk berbagai macam kerajinan atau bahan dasar bangunan, ternyata tunas pohon bambu yang masih muda bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan makanan. Tunas muda ini diberi nama rebung dan jika diolah dengan benar maka makanan ini bisa menjadi sangat enak dan memiliki gizi yang tinggi.

Tekstur rebung sebagai camilan membuat orang ketagihan. Namun, rebung bambu yang diolah bisa berbahaya jika diolah dengan cara yang salah. Kandungan sianida bisa menyebabkan keracunan orang. Sendi sianidanya bisa dideteksi dengan rasa pahit setelah mendidih. Bagian keras dari rebung harus segera dipotong dan sebaiknya hindari merebus rebung terus menerus.

Genjer

Bagi orang yang tinggal atau pernah tinggal di daerah persawahan pasti sudah sangat familiar dengan sayuran genjer. Tumbuhan yang sangat mudah didapatkan di daerah persawahan ini mudah ditemui dan tumbuh secara liar di tepi-tepi sawah. Dulunya orang-orang akan memakan sayuran ini jika tidak ada sayur lainnya yang dapat dimakan sehingga sayur ini mendapatkan julukan sebagai “Food of the Poor”.

Jantung Pisang

Pohon Pisang bisa dibilang merupakan tumbuhan yang sangat serbaguna karena setiap aspek dari pohon tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. Daunnya bisa digunakan sebagai alas makanan, buahnya bisa dimakan, batang pohonya bisa digunakan untuk berbagai macam kerajinan, dan bahkan jantung pisang bisa digunakan sebagai bahan makanan dengan diolah dengan benar. Makanan ini juga menjadi favorit masyarakat karena selain mudah ditemukan jantung pisang juga memiliki rasa yang enak.

Namun saat ini jantung pisang ini sudah sangat langka untuk ditemukan karena satu dan lain hal. Padahal sayuran ini banyak manfaatnya, apalagi untuk menangkal radikal bebas. Jantung pisang mungkin tidak khas di Indonesia, tapi masakan dari bahan ini mungkin hanya Indonesia.