Seberapa Besar Kekuatan Roket Terbaru SpaceX?

Seberapa Besar Kekuatan Roket Terbaru SpaceX? Siapa dia antara kalian yang tahu Elon Musk? Bagi yang belum tahu, Elon Musk adalah salah satu orang terkaya di dunia, yang dikenal juga sebagai seorang yang eksentrik yang mempunyai ide-ide gila. Elon Musk juga merupakan CEO dari Paypal, Solarcity, Tesla Motr, dan SpaceX. Nah, untuk yang disebut terakhir, ini merupakan roket super terbaru yang diberi nama Roket Falcon Heavy.

Roket yang digadang-gadang menjadi roket terkuat itu baru saja diluncurkan pada Selasa lalu. Peluncuran yang dikhawatirkan beresiko tinggi tersebut berjalan lancar tanpa ada insiden. Dalam uji cobanya, Falcon Heavy menggunakan tiga roket pendorong, yang menurut Elon Musk bisa ditambah dua roket lagi. Tak lupa, dia menyelipkan sebuah mobil Tesla dan manekin di dalamnya. Elon Musk sendiri, melalui uji coba ini, ingin Falcon Heavy mendapatkan predikat sebagai roket terkuat yang terbang ke luar angkasa. Lalu, seberapa kuat roket tersebut?

Falcon Heavy dirancang untuk dapat mengangkut beban seberat 64 ton, lebih kuat dari Delta IV Heavy yang hanya mampu mengangkat 29 ton ke lingkarang orbit Bumi rendah. Bagi yang sulit membayangkan, 64 ton itu seperti lima bus tingkat London.

Apa saja yang bisa diangkut oleh roket Falcon Heavy? Roket ini bisa mengangkut satelit-satelit intelijen dan militer AS dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya serta dengan jumlah yang lebih banyak. Robot-robot dan teleskop berukuran besar juga bisa diangkut oleh Heavy Falcon ke luar angkasa.

Selain besar beban yang dapat diangkut, Falcon Heavy juga bisa meneken biaya angkutan ke luar angkasa karena roket pendorong yang dimilikinya bisa kembali lagi ke Bumi untuk digunakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *