Simpan Sabun Batang di Bawah Seprei dapat Membantu Tidur Nyenyak

Simpan sabun di bawah seprei dapat membantu tidur nyenyak. Tentu kamu pernah dong mengalami susah tidur? Kalau hal itu merupakan hal yang biasa, kamu harus mulai mencoba mengatasinya dengan cara sederhana selain berkunjung ke dokter untuk melakukan konsultasi. Hal tersebut tidak boleh kamu sepelekan. Karena, mendapatkan tidur yang cukup memang sangat penting, tak hanya untuk kesejahteraan fisik kamu tapi juga untuk kualitas hidup sebagai pribadi yang baik. Kalau sampai kamu susahtidur, apalagi kamu hanya guling-guling di tempat tidur tanpa bisa merasa mengantuk, mungkin kamu menderita RLS (Restless Leg Syndrome).

RLS adalah adalah kondisi neurologis atau gangguan yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan, biasanya berupa gejala kaki yang kejut-kejut sewaktu tidur. Kondisi ini biasanya membuatmu terbangun tengah malam karena kaki tiba-tiba kram. Memang sebagian besar kondisi ini akan menyerang kaki, tetapi juga dapat mempengaruhi kepala, lengan, dada dan bagian tubuh lainnya.

Hingga kini, belum ditemukan penyebab pasti dari RLS. Namun, para peneliti menduga adanya RLS disebabkan karena ketidakseimbangan dopamin, suatu kimiawi yang dihasilkan otak, yang akan mengirim sinyal ke otak untuk mengontrol pergerakan otot. Selain itu juga kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan ini.

Saat ini, ada salah satu cara yang dapat meminimalisir RLS. Cara tersebut hanya menggunakan sabun batangan. Meski belum ada penelitian ilmiah yang menegaskan metode yang tidak biasa ini bisa berhasil, banyak orang di seluruh dunia mengklaim bahwa cara itu ampuh. Mereka menyatakan bahwa menaruh sabun batangan segar di tempat tidur bisa meringankan gejala, dan bahkan menyembuhkan RLS dengan cepat.

Caranya:

  • Masukkan sabun di antara sprei atau di bawah sprei – beberapa orang menaruhnya dalam kaus kaki sebelum memasukkannya ke dalam tempat tidur mereka. Sabun batang varian apapun bisa digunakan, namun yang mengandung lavender akan lebih baik untuk membantu merilekskan otot-otot kaki.
  • Periksa sabun setelah satu bulan – jika kering dan keriput, maka perlu diganti dengan yang baru. Kuncinya adalah untuk menjaga sabun tetap segar setiap saat karena sabun melepaskan ion yang membuatnya mengering. Setelah benar-benar kering, sabun tidak lagi melepaskan ion dan menjadi tidak efektif.

Sekitar 42% dari orang yang menderita RLS menggunakan trik unik ini untuk meringankan gangguan yang dialaminya. Beberapa ahli medis percaya bahwa magnesium dalam sabunlah yang telah menjadi penyebabnya. Karena kekurangan magnesium juga merupakan penyebab RLS.

Selain melakukan terapi menggunakan sabun mandi batangan, perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, brokoli, buncis dan lain sebagainya juga bisa mengatasi RLS. Folat juga bisa membantu meminimalisasi kondisi ini. Kamu juga bisa berjalan-jalan sebelum tidur, karena berjalan akan melepas endorfin yang berperan meningkatkan tidur lebih nyenyak atau bahkan mandi air hangat sebelum tidur.

Jadi, coba deh kamu terapkan saran-saran di atas agar tidurmu sekarang bisa jadi lebih nyenyak. Selamat mencoba!