Ternyata Bubble Wrap Bisa Menjadi Alat Meditasi

Ternyata bubble wrap bisa menjadi alat meditasi. Apakah kamu salah satu orang yang hobi bermain bubble wrap? Plastik yang didesain dengan gelembung-gelembung kecil ini seringkali menjadi rebutan.

Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia, loh. Bahkan di Amerika Serikat sampai ada protes besar-besaran setelah perusahaan iBubble Wrap mengeluarkan inovasi baru yaitu bubble wrap yang tidak bisa meletus. Secara fungsional produk baru itu jelas lebih menarik karena tidak bakalan kempes. Namun, ternyata mayoritas konsumen justru menolak habis-habisan. Kenapa?! Ya karena tidak bisa dibuat mainan.

Bagi sebagian kamu yang kurang suka, mungkin akan menanyakan apa fungsinya memainkan bubble wrap. Namun, para ilmuwan yang melihat fenomena ini ternyata melihat bahwa ada manfaat baik selain merasakan sensasi sentuhan bubble wrap. Permukaan bubble wrap yang unik dianggap bisa menimbulkan efek tenang.

Kathleen M. Dillon, seorang profesor psikologi di Western New England College menyatakan bahwa, fenomena bubble wrap ini sama dengan kebiasaan orang-orang Yunani kuno atau Asia yang suka memegang dan ‘mengelus-elus’ batu halus. Mungkin seperti tasbih bagi umat Muslim atau rosario untuk orang Katolik. Sensasi memegang dan menyentuh permukaan unik bubble wrap diyakini Dillon memiliki efek yang sama.

Dillon melakukan percobaan dengan mengambil beberapa sampel sejumlah mahasiswa yang meletuskan plastik bubble wrap dan sejumlah mahasiswa yang nggak bersentuhan dengan plastik bubble wrap. Hasilnya, mereka yang mainin plastik bubble wrap memiliki rasa tenang yang lebih tinggi dan tingkat kewaspadaan yang bertambah.

Bubble wrap itu emang unik. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata produk ini justru pertama kali diciptakan sebagai wallpaper. Yup bukan inovasi untuk pengiriman barang atau cara revolusioner mengurangi stres, pencetus bubble wrap hanya ingin membuat wallpaper yang bertekstur.

Terlepas dari sejarah bubble wrap sebagai wallpaper untuk menutupi dinding, bubble wrap justru menjadi alat meditasi penghilang stress bagi banyak orang dengan hanya menekan-nekan gelembungnya hingga pecah.