Ternyata Kamu Tidak Perlu Membersihkan Telinga

Ternyata Kamu Tidak Perlu Membersihkan Telinga. Kalau selama ini kamu berpikir harus rutin membersihkan kotoran di telinga, kamu keliru. Pasalnya, mengorek telinga tidaklah dianjurkan apalagi menggunakan cotton bud.

Dengan mengorek telinga, dapat menyebabkan kotoran terdorong hingga masuk lebih dalam dan terjebak di saluran lubang telinga. Hal ini justru dapat mengakibatkan telinga malah semakin tersumbat hingga mengganggu proses pelepasan kulit mati yang mampu mengakibatkan produksi kotoran telinga bertambah banyak.

Kalau kamu terus-menerus mengorek telinga apalagi terlalu dalam, akan berisiko merusak gendang telinga, merusak tulang rawan dan menyebabkan infeksi. Telinga seharusnya tidak boleh dimasukkan benda apapun ke dalamnya.

Saluran dalam telinga memiliki sel khusus yang berfungsi untuk memproduksi cerumen, alias kotoran telinga. Produksi kotoran telinga ini bukannya tanpa alasan. Seperti yang diberitakan dari The Huffington Post, William H. Shapiro, seorang audiologis dan rekanan profesor di NYU Langone Medical Center, menjelaskan bahwa kotoran telinga adalah pelindung alami tubuh dari segala macam partikel asing, termasuk serangga, yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang telinga.

Kotoran telinga juga mengandung properti antibiotik dan antijamur, sehingga terlalu sering membersihkan telinga bisa berakibat pada komplikasi telinga dan kulit, termasuk infeksi telinga dan eksim di bagian luar telinga.

Lalu, bagaimana cara membersihkan telingamu? Karena cotton bud atau korek telinga, ear candle dan bahkan stik pembersih telinga dari besi tidak disarankan untuk membersihkan telinga, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk membersihkan telingamu:

1. Teteskan hidrogen peroksida ke saluran telinga lalu diamkan selama sepuluh menit sebelum mandi. Hidrogen peroksida akan membantu mengencerkan kotoran telinga dan membuatnya lebih mudah dibersihkan saat mandi.

2. Teteskan ear oil atau minyak tetes khusus yang bisa kamu dapatkan di apotek untuk membersihkan telinga tanpa harus mengorek-ngorek telinga. Sifatnya mirip seperti hidrogen peroksida yang membantu mengencerkan kotoran telinga.

3. Ke dokter THT untuk membersihkan telingamu sampai tuntas tanpa efek samping. Dokter akan membantu membersihkan telingamu dan biasanya prosesnya tidak akan memakan waktu lama.

Secara keseluruhan, telinga sebenarnya dapat bersih sendiri dengan cara mendorong kotoran telinga agar keluar dari lubang. Saat membersihkan dengan cotton buds atau alat pencongkel lainnya, proses ini justru menggangu proses pembersihan kotoran secara alami.

Proses alami tersebut merupakan sebuah mekanisme yang mendorong kotoran tersebut keluar dari telinga. Dengan menggerakan rahang saat berbicara atau mengunyah, kotoran telinga tersebut terdorong secara perlahan. Lama kelamaan, earwax akan kering dan keluar dengan sendirinya khususnya ketika mandi.

Nah, coba yang sering membersihkan telinga dengan cotton buds atau alat lainnya, jangan lakukan itu lagi yah sekarang.