Ternyata, Nama Soekarno Justru Tidak Disukai Oleh Presiden Pertama Indonesia!

Ada sebuah pepatah yang berbunyi ‘apalah arti sebuah nama’, dan banyak orang sependapat dengan pepatah tersebut. tapi tidak dengan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Bagi beliau nama adalah hal yang ‘sakral’!

 

Saat menjabat sebagai Presiden, Soekarno mengubah namanya menjadi Sukarno. Sederhana? Tapi tidak bagi beliau. Proklamator kemerdekaan RI ini sangat membenci ejaan ‘oe’ karena dianggap warisan penjajahan Belanda. Saking bencinya, dia pernah punya kemauan untuk mengubah ejaan namanya di naskah proklamasi. Tapi naskah tersebut sudah sangat sakral dan tidak boleh diubah sama sekali.

 

Jika mundur lagi kebelakang, sebenarnya Soekarno bukanlah nama awalnya, melainkan Kusno Sosrodihardjo. Namun ketika bernama Kusno Sosrodihardjo, ketika kecil beliau sering sakit-sakitan sehingga ayahnya mengganti namanya menjadi Soekarno. Nama Soekarno sebenarnya ibarat lambang kejayaan dan menjadi titik puncak kejayaannya. Tetapi keputusannya mengganti menjadi Sukarno telah diambil dan nyatanya menjadi titik balik dari kejayaannya.