Terobosan TV Layar Gulung dari LG

Terobosan TV Layar Gulung dari LG. Di era digital saat ini, siapa sih yang masih menonton tv? Alih-alih memutuskan menonton siaran di televisi, banyak orang yang lebih memilih menggunakan laptop atau bahkan smartphone-nya. Kuncinya hanya satu: internet! Lantas bagaimana dengan perkembangan televisi saat ini? Apakah punah? Jawabannya tidak! Salah satu merek teranyar asal Negeri Gingseng, yakni LG memberikan inovasi terbaru untuk televisi buatannya.

Dari tahun ke tahun, manusia terus melakukan inovasi di segala bidang, termasuk teknologi. Teknlogi juga bidang yang sangat mudah dikembangkan dan divariasikan ke arah yang lebih simpel dan praktis. Tujuannya dari LG sebagai contohnya ya untuk menunjang gaya hidup manusia masa modern.

Siapa yang tidak tahu kalau untuk urusan layar, LG masih menempati posisi pertama sebagai perusahaan yang paling maju di sektor itu. Saat ini sudah tidak lagi TV analog biasa, melainkan TV berjenis “smart-tv” menjadi salah satu pilihan. Biar bagaimanapun, tidak ada yang bisa menandingi layar besar yang dapat disuguhkan pada TV jika dibandingkan laptop ataupun smartphone. Oleh karena itu hadirlah “smart-tv”. Di mana pengguna bisa juga berselancar internet dengan menggunakan televisi.

LG sebelumnya sudah meluncurkan TV dengan layar OLED 8K seluas 88inchi. Bisa dibayangkan sensasi semi bioskop yang dibawa ke dalam rumah seperti apa?

Kendati demikian LG menolak untuk berhenti berinovasi. Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang sedang digelar di Las Vegas, Nevada, AS, LG dengan pede memperkenalkan layar 65 inchi dengan teknologi OLED 4K yang bisa digulung layaknya sebuah poster. Walaupun pada CES tahun lalu kita sudah diperlihatkan sebuah konsep layar yang bisa ditekuk. Namun kali ini, LG memperlihatkan betapa lenturnya layar ini sampai bisa digulung ke dalam sebuah kotak.

LG mengatakan bahwa kotak itu akan menjadi tempat speaker dan akan membuat TV ini menjadi portable alias bisa dibawa kemana-mana. Sebelumnya LG sendiri sudah pernah memamerkan teknologi layar gulung dalam CES 2016 silam. Kala itu, perusahaan mengenalkan layar puwarupa (prototype) dengan ukuran 18 inchi.

Ketika TV tidak sedang digunakan, tinggal digulung dan dimasukkan kembali ke dalam kotak saja. Kalau memiliki telivisi ini, penggunaan ruangan bisa lebih efisien lagi. TV-nya jadi bisa “disembunyikan”.

International CES (Consumer Electronics Show) sendiri merupakan gelaran tahunan tempat berkumpulnya banyak pengembang teknologi yang memamerkan temuan canggih dan terbarunya.

Secara sederhana, alasan dari dibuatnya TV gulung ialah agar lebih hemat ruang dan lebih praktis untuk dibawa. Selain itu, layar OLED gulung juga menjadi konsep fiksi ilmiah yang istimewa. Dengan digulung, panel display menjadi lebih organik dan alami. Teknologi ini meminjam format kanvas atau lembar kertas yang besar.

Namun saat ini pihak LG mengakui kalau biaya produksi teknologi ini masih terlalu besar, sehingga kesempatan ini hanya digunakan untuk memperlihatkan inovasinya terlebih dahulu. Kalau biaya produksinya sudah ‘masuk akal’, tentunya produk ini bakal segera dilepas ke pasaran. Sambil sabar menunggu teknologinya dikembangkan, mungkin kamu bisa menabung terlebih dahulu. Siapa tahu suatu saat kalau sudah resmi dijual, kamu bisa langsung membawanya pulang kan.

Ketika TV sudah bisa digulung, tidak menutup kemungkinan dong yah koran yang bisa ada videonya atau bergerak-gerak seperti di film Harry Potter bisa menjadi nyata?

Berikut video dari “TV Gulung” kepunyaan LG: