Tidak Hanya Mabuk Kendaraan, Tapi Ada Juga Mabuk Game!

Tidak Hanya Mabuk Kendaraan, Tapi Ada Juga Mabuk Game! Tidak Hanya Mabuk Kendaraan, Tapi Ada Juga Mabuk Game! Kalau kamu tipe orang yang biasa “mabuk jalan”, ketika misalnya berkendaraan baik darat, laut maupun udara, mungkin kamu juga perlu tau ada perasaan mabuk sehabis bermain video game. Perasaan ini seperti kamu sedang mensimulasikan gerakan dalam video seperti Counter Strike misalnya. Kalau kamu pernah mengalami ini, gejalanya tidak jauh berbeda dengan gejala mual pada saat melakukan perjalanan.

Dalam dunia kedokteran, mabuk selama perjalanan disebut Motion Sickness. Motion sickness merupakan sekumpulan gejala yang terdiri dari kelelahan, kepala pusing, mual sampai muntah dan keluar keringat dingin yang terjadi saat dalam kendaraan yang berjalan.

Tak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun juga berisiko mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan bukan merupakan suatu penyakit, tetapi merupakan gangguan sesaat yang dipicu oleh adanya gangguan koordinasi di otak akibat adanya rangsangan dari luar yang diterima oleh panca indra secara bersamaan dan diteruskan ke dalam otak.

Hubungan mual dengan bermain game? Boleh dikatakan salah satu game horror terbaik di 2017 ini ialah Resident Evil 7 (RE7). Salah satu platform distributor game digital terbesar, Steam, memberikan nilai 9/10 untuk game ini. Sementara itu, PlayStation Store memberikan nilai 4,5/5. Beberapa situs dan majalah yang bertemakan video gaming juga memberikan penilaian yang sangat baik untuk game ini.

Keberhasilan RE7 ini disinyalir karena game yang diproduksi oleh Capcom ini berhasil kembali memberikan kesan horor yang kuat dalam franchise game Resident Evil. Maklum, karena pada beberapa seri sebelumnya, yaitu Resident Evil 5 dan Resident Evil 6, Capcom sempat mendapat kritikan yang cukup tajam akibat dari berkurangnya kesan horor dan jalan cerita yang kurang menarik dari dua seri tersebut. Jadi, keberhasilan game RE7 berhasil meningkat kembali pamor dan citra dari franchise Resident Evil sebagai game horor, yang sempat dirusak juga oleh versi live action filmnya.

Namun, ternyata game RE7 juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan para pemainnya. Motion Sickness adalah dampak buruk yang dimaksud. Salah satu gamers-youtubers Indonesia, Diwantara Anugrah Putra selaku pengelola kanal Tara Arts Network dan Tara Arts Game Indonesia, menderita Motion Sickness setelah memainkan game ini.

Saat itu, pria yang akrab disapa “Bang Tara” ini bermain game ini bersama adiknya, Gema, serta beberapa sepupunya. Sesudah memainkan game ini, mereka semua yang memainkannya muntah-muntah. Bang Tara justru lebih parah, ia mengalami masalah pada pencernaannya, hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah itu diketahui bahwa mereka mengalami yang namanya motion sickness.

Memang mungkin yah bisa sampai berlebihan dan sampai sakit hanya karena bermain game? Bagi sebagian kamu mungkin akan bertanya seperti itu karena tidak percaya adanya motion sickness ini.

Gangguan kesehatan ini terjadi akibat salah satu atau beberapa panca indra kita merasakan sensasi bahwa tubuh kita sedang bergerak, padahal nyatanya tidak. Begini, ketika kita sedang duduk di dalam mobil yang bergerak, kedua mata kita menangkap pergerakan tersebut. Ditambah lagi, jika jendela mobil dibuka, kita dapat mendengar suara-suara kendaraan lain yang juga sedang bergerak. Apa yang ditangkap panca indra dikirimkan ke otak, dan otak menangkap setiap detail pergerakan tersebut, sehingga menjadi informasi yang menerangkan, “wah, kita lagi berpindah tempat nih, lagi bergerak”. Padahal, nyatanya yang bergerak itu hanya mobil. Kita hanya duduk manis, diam di kursi mobil.

Ketidakseimbangan antar panca indra dan/atau antara panca indra dengan tubuh kita ini lah yang menyebabkan terjadinya motion sickness karena lazimnya, jika mata dan telinga menangkap adanya pergerakan, maka harusnya tubuh juga harus bergerak dong (berpindah tempat). Akan tetapi, pada saat di dalam mobil, kapal, dan pesawat kan tidak. Selain indra, hal lain yang mempengaruhi adalah sistem vestibular, yaitu jaringan saraf, saluran, dan cairan di telinga bagian dalam yang memberi otak perasaan gerak dan keseimbangan.

Sewaktu bermain video game ataupun simulator, kamu sangat berpotensi untuk dapat merasakan mabuk. Jenis Video game yang rentan terhadap mabuk adalah Game yang meniru pandangan mata seseorang dalam berjalan/berlari (seperti contohnya Resident Evil, Counter Strike, Condition Zero, Live or Death, dan sejenisnya) karena game seperti ini memperlihatkan jangkauan gerakan yang besar secara terus menerus.

Mabuk sewaktu menjalankan simulator lebih rentan daripada sewaktu bermain game karena gerakan yang terlihat di simulator dirancang sedemikian rupa agar gerakan yang terjadi meniru gerakan yang seharusnya terjadi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh U.S. Army Research Institute for the Behavioral and Social Sciences dalam laporan yang diterbitkan Mei 1995 berjudul “U.S. Army Research Institute for the Behavioral and Social Sciences” menyebutkan dari 742 pilot dari 11 simulator penerbangan militer kira-kira setengah dari jumlah pilot (334) dilaporkan mengalami gejala mabuk; 250 (34%) melaporkan bahwa gejala mabuk hilang dalam waktu kurang dari 1 jam; 44 (6%) melaporkan bahwa gejala mabuk berlangsung lebih dari 4 jam; dan 28 (4%) melaporkan bahwa gejala mabuk berlangsung lebih lama dari 6 jam.

Namun bagaimana kalau kamu menyukai bermain game? Tenang saja, kamu tetap bisa mengatasinya kok, dengan cara:

  • Pastikan pencahayaan ruangan cukup
  • Jangan duduk terlalu dekat dengan monitor
  • Jika dirasa mata sudah lelah dan kepala agak pusing atau perut agak mual, ada baiknya berhenti sejenak main video game-nya
  • Kalau merasa membaik, kamu bisa dengan perlahan memulai bermain kembali