Turun Berat Badan dengan Menonton Film Horror

Turun Berat Badan dengan Menonton Film Horror. Berat badan bagi wanita khususnya merupakan hal yang sulit untuk dikontrol, namun menjadi bagian penting. Berbagai macam metode diet mulai dari makanan hingga olahraga coba dijalankan oleh banyak wanita. Namun tahukah kamu bahwa hanya dengan menonton film horror bisa membantu proses turun berat badan dengan lebih cepat loh.

Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Wesminster di Inggris. Studi tersebut melibatkan 10 orang yang berbeda untuk menonton film horor pilihan. Para peneliti merekam detak jantung, oksigen yang dihirup, dan karbondioksida yang dikeluarkan. Hasilnya, mereka menemukan jumlah kalori yang dibakar meningkat dalam ketiga poin tadi saat film berlangsung.

Menurut spesialis metabolisme sel, Richard Mackenzie, yang juga ikut andil dalam penelitian, mengatakan bahwa film horor membuat debaran jantung meningkat dan mempercepat proses pemompaan darah ke tubuh. Akibatnya, adrenalin dalam tubuh jadi melonjak yang mengakibatkan nafsu makan menurun dan meningkatkan tingkat metabolik basal sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak.

Seorang editor film, Helen Cowley, yang juga terlibat dalam studi yang dilakukan beberapa peneliti di University of Westminster ini mengatakan, banyak orang cenderung menutup mata, bersembunyi di balik bantal, atau memeluk guling sambil mengalihkan mata supaya nggak melihat adegan menyeramkan. Padahal, film horor telah didesain sedemikian rupa untuk membuat para penonton melonjak kaget dari tempat duduknya.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memaksakan diri melihat adegan-adegan seram dan mengagetkan dalam film horor. Karena teror yang ditampilkan dalam film adalah pembakar kalori terbaik akibat detak jantung yang berdetak kencang.

Saat diambil rata-rata, para relawan yang menonton film horor mengalami pembakaran kalori 30 persen lebih banyak dibanding saat menonton tayangan TV yang lain. Main mencekam film yang ditonton, makin banyak energi yang dihasilkan dari pembakaran kalori. Dalam pengamatan ini, jumlah energi yang dihasilkan selama 90 menit nonton film horor rata-rata 113 kalori atau kurang lebih setara dengan jalan kaki selama 30 menit. Jumlah energi yang dihasilkan kurang lebih juga setara dengan kalori yang terkandung dalam sepotong cokelat batangan.

Dari 10 judul film horor yang dipakai dalam penelitian ini, film thriller tahun 1980-an berjudul The Shining terbukti memicu pembakaran energi paling besar yakni 184 kalori. Film garapan sutradara Steven Spielberg, Jaws berada di urutan berikutnya dengan 161 kalori.

Berikut judul-judul film yang dipakai beserta jumlah kalori rata-rata yang terbakar saat menontonnya.

  1. The Shining (184 kalori)
  2. Jaws (161 kalori)
  3. The Exorcist (158 kalori)
  4. Alien (152 kalori)
  5. Saw (133 kalori)
  6. A Nightmare on Elm Street (118 kalori)
  7. Paranormal Activity (111 kalori)
  8. The Blair Witch Project (105 kalori)
  9. The Texas Chain Saw Massacre (107 kalori)
  10. [Rec] (101 kalori)