Walau Bernama Lawang Sewu, Faktanya Jumlah Lubang Pintunya Tidak Sampai Seribu!

Kalau kalian pernah berlibur atau berdomisili di Semarang, kalian pasti tahu bangunan fenomenal, Lawang Sewu kan?. Bangunan ini telah menjadi salah satu obyek wisata yang masih kokoh berdiri dan sebagai ikon arsitektur bersejarah di Semarang.

 

Selain itu, Lawang Sewu juga telah menjadi musium kereta api sejak lahannya dimiliki oleh PT Kereta Api. Banyak sejarah, dan juga ilustrasi perkeretaapian Indonesia sejak jaman Belanda di dalamnya.

 

Tapi tahukah kamu, ada fakta menarik tentang Lawang Sewu yang terkesan angker dan misteri yang jarang diketahui banyak orang, yaitu mengenai jumlah pintunya!. ‘Lawang Sewu’ jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘seribu pintu’.

Sejak turun temurun, istilah ‘seribu pintu’ atau ‘lawang sewu’ ini digunakan karena bangunan ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak untuk sebuah bangunan. Bahkan jendela yang tinggi dan lebar tetap dianggap sebagai pintu oleh masyarakat.

Nah mengenai jumlah keseluruhan, Faktanya hanya ada 429 LUBANG PINTU yang terdiri dari pintu berdaun pintu empat dan berdaun pintu dua. Tetapi jika dijumlahkan, jumlah DAUN PINTU di Lawang Sewu adalah sekitar seribu dua ratus!