Yuk, Cari Tahu Cara Antisipasi Gempa!

Yuk, Cari Tahu Cara Antisipasi Gempa! Gempa bumi memang menakutkan. Sebagai negara kepulauan yang memilki banyak gunung aktif, kita sebagai orang Indonesia seringkali merasakan gempa, baik berskala kecil maupun besar. Gampa bumi tidak hanya disebabkan oleh aktivitas gunung berapi. Gempa bisa disebabkan oleh pergeseran lempeng-lempeng yang ada di dunia, atau juga bisa disebabkan oleh manusia, contohnya ketika menghancurkan gedung-gedung dengan bahan peledak.

Selain menggetarkan bangunan, gempa bumi berskala besar bisa menyebabkan tsunami, seperti yang terjadi di Aceh dan Yogyakarta beberapa tahun silam. Nah, beberapa hari yang lalu gempa juga dirasakan hampir di seluruh pulau Jawa. Pusat gempa berkekuatan 7,3 SR itu ada di 42 kilometer Barat Daya Kawalu, wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa menyebabkan kerusakan beberapa rumah di Tasikmalaya.

Untuk mengantisipasi terjadinya gempa, ada baiknya kita mengetahui apa yang harus dilakukan baik sebelum, saat, dan sesudah terjadinya gempa. Agar tidak bingung, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan:

Sebelum terjadi gempa:

  1. Kamu harus tahu struktur dan letak rumah, apakah sering mengalami gempa atau tidak. Ada baiknya kita merenovasi rumah agar terhindar dari bahaya.
  2. Bagi yang bekerja, sama seperti di atas. Kamu harus tahu seluk-beluk kantor tempat kamu bekerja.
  3. Ada baiknya jika kamu menyediakan kotak P3K, senter serta baterai cadangan, radio, dan juga makanan minuman untuk kondisi darurat.

Saat terjadi gempa:

  1. Paling penting dan harus diingat, jangan panik!
  2. Jika kalian berada di dalam ruangan, segeralah keluar. Jika tidak sempat, berlindunglah di bawah meja atau tempat lain yang aman.
  3. Jika berada di luar ruangan, hindari bangunan-bangunan tinggi dan segera berjlan menuju ruang terbuka. Jika berada di dalam mobil, segera keluar dan menjauhi kendaraan kamu.
  4. Jika tinggal di dekat pantai, segera jauhi untuk menghindari potensi tsunami.

Sesudah terjadinya gempa:

  1. Tetap tenang dan jangan panik!
  2. Segera keluar jika masih berada di dalam ruangan.
  3. Periksa jika ada orang yang terluka, lalu berikan pengobatan dan minta pertolongan jika perlu.
  4. Periksa bangunan dan lingkungan sekitar kamu untuk mengecek apakah ada kebakaran, kebocoran gas, atau hal-hal membahayakan lainnya.
  5. Jangan memasuki bangunan yang terkena dampak gempa bumi dan jangan berjalan di daerah gempa untuk antisipasi gempa susulan.